Please reload

Recent Posts

KASIH UNTUK SULAWESI TENGAH

October 4, 2018

1/1
Please reload

Featured Posts

Dusun Sajang, Desa Sembalun, Lombok Timur.

August 30, 2018

 

Pembangunan toilet di posko Bangket, dusun Karanglangu, desa Tanjung Lombok Utara sudah hampir selesai. Kami tinggal menunggu toilet slab yang masih di cor di Mataram

 

Namun tim arsitek tidak mau membuang waktu. Kami menerima kabar  mengenai dusun di Lombok Timur yang memerlukan bantuan penyediaan air bersih . Setelah initial assessment melalui telephone, kebutuhan mendesak yang teridentifikasi adalah pengadaan air bersih dan MCK.

 

Dusun Sajang, Desa Sembayung Lombok Timur berpenduduk 1006 jiwa. Hampir semua rumah hancur akibat gempa pertama yang terjadi pada bulan Juli. Pipa air yang menghubungkan dusun dengan danau Segara Anakan --yang selama ini menjadi sumber air mereka -- hancur tersapu tanah longsor. Sejak itu penduduk harus membeli air dari desa tetangga yang berjarak 9 KM karena air dari tangki sumbangan pemerintah daerah hanya satu tandon (2000 l) untuk 1 minggu.Ini adalah satu-satunya jalan keluar karena tidak mungkin untuk menggali air tanah . Penduduk dusun masih takut untuk memperbaiki pipa di lereng Rinjani karman dikuatirkan akan ada gempa-gempa susulan yang akan menyebabkan tanah longsor.

 

Kendala mereka adalah meraka hanya memiliki 2 tandon 2000 liter (sumbangan WIKA) dan 2 tandon kecil dari BPNP (Badan Penanggulangan Bencana Nasional). Ini tidak dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk 1006 orang. 

 

Toilet tidak menjadi masalah utama bagi dusun ini, karena banyak toilet di rumah penduduk yang masih berfungsi (septic tank dan tolet slabnya masih utuh, hanya didndingnya yang dirubuhkan dan diganti dengan terpal)

 

Tim arsitek Sahabat Peduli Indonesia berangkat ke dusun Sajang yang ditempuh dalam jarak waktu 3 jam dari Mataram, dengan membawa sumbangan 4 tandon berkapasitas 1100 liter. 

 

Hasil survey lapangan adalah:

- Kebutuhan yang paling mendesak adalah tandon dan air. Saat ini air di tampung di "bak darurat" yang terbuat dari termal dan tumpukan batako .Hal ini tidaklah ideal arena selain terancam kontaminasi air juga dapat menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

 

-Tidak ada alternative lain untuk memberikan bantuan air selain mensponsori pembelian air selama 1 bulan. Ini akan memberikan kesempatan kepada warga selama 1 bulan untuk menata kehidupannya cembali tanpa harus kuatir akan kebutuhan yang paling mendasar: yaitu air.

 

Berikut adalah foto penampungan air darurat :

 

 

Pengiriman 4 tandon air oleh tim assessment Sahabat Peduli Indonesia

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us
Please reload

Search By Tags
Please reload

Archive
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

@2017 by Sahabat Peduli Indonesia

Tentang

Sahabat Peduli Indonesia

  • Facebook
  • Instagram
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now